Jumat, 26 April 2013

Posted by Dunia Dalam Berita |

Filsafat dan Agama
Dalam kehidupan kita sekarang ini banyak orang yang ingin melakukan kebenaran yang belum tentu ada keyakinan dalam diri kita sendiri dan sering mempertanyakan berbagai hal dalam hidupnya, mulai dari yang dirasakan hingga yang dilakukan dalam kesehariannya.
Manusia banyak melakukan untuk berpikir terkadang dia memikirkan apakah ada kehidupan lain setelah manusia mati. Dengan pernyataan seperti itu bahwa manusia memiliki hasrat untuk berpikir secara naluri atau dengan kebenaran yang diyakini mereka sesuai dengan keyakinan agama itu sendiri.
Dalam filsafat cara kerjanya bertolak akal yang merupakan suatu yang membahas sesuatu kebenaran yang di ukur, apakah kebenaran itu secara logis apa bukan. Sedangkan agama kerjanya bedasarkan wahyu yang merupakan agama itu tidak selalu mengukur kebenaran yang logisnya karena agama tidak memperhatikan dari segi logisnya itu sendiri. Filsafat bertujuan untuk mencari kebenaran, jika kebenaran itu secara sistematis maka itu dinyatakan kebenaran filsafat.
            Filsafat suatu objek yang harus di pikirkan secara sungguh-sungguh untuk mencari suatu kebenaran yang masuk akal dalam pikiran kita. Objek yang dipikirkan filosof adalah segala yang ada dan yang mungkin ada, baik ada dalam kenyataan, maupun yang ada dalam fikiran dan bisa pula yang ada itu dalam kemungkinan, sedangkan agama itu suatu hidup yang tergantung kepada agamanya itu sendiri dan meyakinkan bahwa agama itu yang paling benar dan selalu mengabdikan agama pada diri kita. Serta untuk beribadah dan berhubungan dengan hati kepada Tuhan bahwa tidak ada kemungkinan yang terjadi kecuali kehendak Tuhan. Padahal agama itu sendiri adalah sebuah pedoman hidup di dunia, mulai dari tata aturan beribadah hingga bermasyarakat hingga rukun beragama dalam kehidupan sosial.
            Agama menambah keyakinan dan meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan. Banyak agama yang kita ketahui seperti, Hindu, Budha, Kristen, Islam, dan masih banyak lainnya. Semua itu merupakan bagian dari ajaran agama dan setiap agama itu mempunyai objek yang di bahas dalam filsafat agama itu sendiri. Filsafat agama bertujuan untuk menggali kebenaran ajaran-ajaran agama tertentu atau paling tidak untuk mengemukakan bahwa hal-hal yang diajarkan dalam agama tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip logika.
Dalam agama, manusia berusaha mencari dan menemukan kebenaran dengan jalan mempertanyakan dan mencari jawaban tentang berbagai masalah dalam kehidupan dengan merujuk kepada Kitab Suci atau Huku-hukum agama itu.
Dalam kehidupan sehari-hari dan dalam lingkungan kita banyak orang yang belum tentu yakin akan adanya kebenaran yang belum tentu ada logisnya, kecuali dengan pernyataan yang terdapat pada dalam agama serta ada tidaknya kebenaran itu sendiri.
Filsafat dan agama banyak keterkaitannya dalam kehidupan dalam diri kita sendiri, ada manusia yang belum tentu yakin akan kebenaran tetapi berpikir secara logika sedangkan agama selalu diyakini dalam hati yang diterima melalui wahyu atau Rasul. Banyak orang yang menganggap bahwa filsafat itu hanya suatu pemikiran hal yang belum ada kebenarannya tetapi pemikirannya itu secara logis dan secara radikal.
Keguanaan filsafat dan agama yaitu, kepada manusia untuk selalu berpikir, mengkaj dan menganalisa atau berfilsafat atas segala sesuatu apa yang terjadi di muka bumi ini. Filsafat berguna untuk membuka wawasan berpikir dalam kehidupan manusia. Dan agama berguna untuk mendatangkan keyakinan dan ketaqwaan kepada Tuhan. Dalam kehidupan berguna untuk mengetahui kebenaran tentang agama atau kebenaran yang lainnya secara radikal dan berdasarkan kenyataan yang logis serta di terima oleh nalar pikiran yang sistematis.

2 komentar:

  1. TINNIC WHITE - Titanium White | TITIAN ART
    TINNIC WHITE mens titanium wedding rings is an Asian ceramic and white resin mens titanium earrings for the use with acrylic paints and other titanium jewelry piercing art supplies and supplies to artists in various artworks, $20.00 titanium damascus · ‎In oakley titanium glasses stock

    BalasHapus